BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Dewasa ini komputer
merupakan suatu kebutuhan yang amat sangat penting dalam kehidupan manusia.
Komputer merupakan sebuah alat bantu yang digunakan untuk menyimpan, mengolah
dan mengambil kembali data atau informasi yang diperlukan. Berbagai aktivitas
kehidupan manusia yang berhubungan dengan penggunaan komputer adalah seperti
dunia perbankan, perdagangan, industri, transportasi, kesehatan, pendidikan,
seni, penelitian, rekreasi, pertahanan dan keamanan, serta komunikasi. Dalam
penggunaan komputer pasti tidak terlepas dari aplikasi multimedia, baik berupa
audio, visual, maupun yang bersifat audio visual.
Multimedia merupakan
konsep dan teknologi dari unsur – unsur gambar, suara, animasi serta video
disatukan didalam komputer untuk disimpan, diproses dan disajikan guna
membentuk interaktif yang sangat inovatif antara komputer dengan user.
Teknologi Multimedia merupakan perpaduan dari teknologi komputer baik perangkat
keras maupun perangkat lunak dengan teknologi elektronik, perkembangan serta
pemanfaatan teknologi multimedia banyak digunakan hampir diseluruh aspek
kegiatan.
Multimedia sering
digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan,multimedia
dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan,
multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara
sendiri-sendiri. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil
perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan
dalam sistem e-learning, dan lain sebagainya.
1.2
Rumusan Masalah
a.
Apa pengertian dari multimedia?
b.
Apa saja aplikasi multimedia?
1.3
Tujuan Penulisan
·
Dapat memahami pengertian multimedia
·
Dapat memahami aplikasi multimedia
1.4
Metode Penulisan
Metode yang digunakan untuk
menulis makalah ini adalah dengan cara mencari dari buku yang sudah sesuai
dengan tema penulisan makalah dan juga mengambil referensi dengan cara
searching di internet agar informasi dan data lebih banyak dan lengkap.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1
Pengertian Multimedia
Multimedia merupakan
penggabungan lebih dari satu media menjadi suatu bentuk komunikasi yang
bersifat multimodal atau multichannel (Heinich, 2002; Boyle, 1997; Rieber,
1994). Multimedia telah banyak digunakan oleh para guru dan dosen untuk
menyampaikan materi ajarnya kepada para siswa dan mahasiswa. Software-software
presentasi seperti Microsoft PowerPoint menggabungkan berbagai jenis media ke
dalam suatu paket presentasi yang menarik, yang akan menarik perhatian dan
meningkatkan motivasi para pembelajar (Jonassen dkk, 1999).
1. Multimedia content production
Multimedia
adalah penggunaan dan pemrosesan beberapa media (text, audio, graphics,
animation, video, and interactivity) yang berbeda untuk menyampaikan informasi
atau menghasilkan produk multimedia (music, video, film, game, entertaiment,
dll) Atau penggunaan sejumlah teknologi yang berbeda yang memungkinkan untuk
menggabungkan media (text, audio, graphics, animation, video, and
interactivity) dengan cara yang baru untuk tujuan komunikasi. Dalam kategori ini media yang digunakan (tampak pada gambar 2.1) adalah :
o Media Teks
o Media Graph / Image
o Media
Audio
o Media Interactivity
o Media
Video
o Media Special Effect
o Media
Animasi
1. 1. Teks
Teks merupakan bentuk media
yang paling umum digunakan dalam menyajikan informasi, baik yang menggunakan
model baris perintah ataupun GUI. Teks dapat disajikan dengan berbagai bentuk
font maupun ukuran.
1.2. Suara
Suara merupakan media ampuh
untuk menyajikan informasi tertentu: misalnya untuk memperdengarkan cara
melafalkan sebuah kata dalam bahasa
1.3. Gambar Statis
Kata pepatah, “Gambar mewakili
seribu kata”. Hal ini mencerminkan bahwa sebuah gambar seringkali dapat lebih
berarti bagi seseorang dari pada sejumlah kata.
Umumnya gambar disimpan dengan
cara dimampatkan. Tujuannya adalah untuk menghemat ruang dalam penyimpanan
eksternal. Untuk melakukan pemampatan ini, ada dua teknik yang dikenakan. Yang
pertama dinamakan teknik lossless dan yang kedua adalah teknik lossy.
Teknik pemampatan lossy adalah suatu teknik yang memampatkan data
sehingga gambar rekonstruksi hasil pemampatan mempunyai perbedaan dengan gambar
asli, tetapi bagi mata manusia kelihatan sama. Dengan cara seperti ini, gambar
dapat dimampatkan sekecil mungkin. Teknik pemampatan lossless adalah
suatu teknik yang menghasilkan gambar rekonstruksi yang sama dengan gambar
aslinya.
1.4. Animasi
Animasi berarti teknik untuk
membuat gambar yang bergerak. Berbagai teknik animasi telah diciptakan. Cara
sederhana untuk membuat gambar bergerak adalah dengan menggunkan sejumlah
gambar yang berbeda sedikit. Sebagai contoh dapat dilihat pada Gambar 2,
gambar-gambar tersebut jika ditampilkan pada layar secara berturut-turut dan
bergantian, maka terkesan pesawat ruang angkasa yang sedang melepaskan roket
pendorong.
1.5. Video
Video adalah teknologi pemrosesan
sinyal elektronik mewakilkan gambar bergerak. Aplikasi umum dari teknologi
video adalah televisi. Istilah video juga digunakan sebagai singkatan dari
videotape, dan juga perekam video dan pemutar video.
2. Multimedia
communication
Multimedia adalah menggunakan media (masa), seperti televisi, radio,cetak
dan internet untuk mempublikasikan/ menyiarkan/ mengkomunikasikan material
advertising, publicity, entertaiment, news, education, dll. Dalam kategori ini media yang digunakan adalah
·
TV Radio
Film
Cetak
Musik
·
Game Entertaiment
Tutorial
ICT (Internet)
2.2
Aplikasi Multimedia
Dalam dunia yang
canggih sekarang ini, Kita di permudah dalam mengolah beberapa media informasi,
seperti gambar/Image, teks, audio, grafik, interaktif, video dan masih banyak
lagi jenis-jenis aplikasi multimedia yang lainnya. Dari yang hanya sekedar
melihat (View) sampai dengan mengedit dan membuat nya.
Berikut ini ada 30 jenis-jenis software multimedia yang diketahui :
Berikut ini ada 30 jenis-jenis software multimedia yang diketahui :
·
Audio/Video Editor
Video/audio editor adalah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mengedit dan memanipulasi informasi dalam bentuk video dan audio. Banyak sekali proses dalam mengedit video dan audio, contohnya adalah proses pemotongan, penggabungan, konversi format audio/video, dan manipulasi kualitas audio/video. Beberapa jenis perangkat lunak media player adalah:
1.Adobe Premiere Pro, bersifat komersial dan diproduksi oleh Adobe Systems.
2.Adobe Premiere Elements, bersifat komersial dan diproduksi oleh Adobe Systems.
3.Windows Movie Maker, bersifat komersial dan diproduksi Microsoft Corp.
4.Pinnacle Studio, bersifat komersial dan diproduksi oleh Pinnacle Systems.
5.TMPGEnc, bersifat komersial dan diproduksi oleh Pegasis Inc.
Video/audio editor adalah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mengedit dan memanipulasi informasi dalam bentuk video dan audio. Banyak sekali proses dalam mengedit video dan audio, contohnya adalah proses pemotongan, penggabungan, konversi format audio/video, dan manipulasi kualitas audio/video. Beberapa jenis perangkat lunak media player adalah:
1.Adobe Premiere Pro, bersifat komersial dan diproduksi oleh Adobe Systems.
2.Adobe Premiere Elements, bersifat komersial dan diproduksi oleh Adobe Systems.
3.Windows Movie Maker, bersifat komersial dan diproduksi Microsoft Corp.
4.Pinnacle Studio, bersifat komersial dan diproduksi oleh Pinnacle Systems.
5.TMPGEnc, bersifat komersial dan diproduksi oleh Pegasis Inc.
·
Graphic/Image Editor.
Image editor adalah perangkat lunak yang digunakan untuk melukis, menggambar, mengedit dan memanipulasi image atau gambar secara interaktif pada sistem komputer. Banyak sekali jenis perangkat lunak image editor mulai dari dengan fungsi editing yang sederhana sampai dengan yang kompleks. Terdapat dua jenis image yang dihasilkan oleh image editor, yaitu dalam bentuk bitmap image dan vector image. Beberapa contoh perangkat lunak image editor adalah sebagai berikut:
1.Adobe Photoshop, merupakan vector dan bitmap image editor. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Adobe Systems.
2.Corel Draw, merupakan vector image editor. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Corel Corporation.
3.Microsoft Paint, merupakan bitmap image editor. Bersifat komersial dan masuk dalam paket Microsoft Windows.
4.Paint Shop Pro, merupakan vector dan bitmap image editor. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Corel Corporation.
5.GIMP, merupakan bitmap dan vector image editor. Bersifat open source dan diproduksi oleh The GIMP Team dengan lisensi GNU General Public License.
Image editor adalah perangkat lunak yang digunakan untuk melukis, menggambar, mengedit dan memanipulasi image atau gambar secara interaktif pada sistem komputer. Banyak sekali jenis perangkat lunak image editor mulai dari dengan fungsi editing yang sederhana sampai dengan yang kompleks. Terdapat dua jenis image yang dihasilkan oleh image editor, yaitu dalam bentuk bitmap image dan vector image. Beberapa contoh perangkat lunak image editor adalah sebagai berikut:
1.Adobe Photoshop, merupakan vector dan bitmap image editor. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Adobe Systems.
2.Corel Draw, merupakan vector image editor. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Corel Corporation.
3.Microsoft Paint, merupakan bitmap image editor. Bersifat komersial dan masuk dalam paket Microsoft Windows.
4.Paint Shop Pro, merupakan vector dan bitmap image editor. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Corel Corporation.
5.GIMP, merupakan bitmap dan vector image editor. Bersifat open source dan diproduksi oleh The GIMP Team dengan lisensi GNU General Public License.
·
Grafik 3D.
Aplikasi grafik 3 dimensi (3D) adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat, mengedit, dan memanipulasi informasi dalam bentuk gambar 3 dimensi. Berbeda dengan format gambar atau image secara umum adalah dalam bentuk 2 dimensi. Gambar 3 dimensi merupakan representasi gambar dalam geometri 3 dimensi. Beberapa contoh perangkat lunak grafik 3D adalah sebagai berikut:
1.3D Studio Max, bersifat komersial dan diproduksi oleh Autodesk Media & Entertainment.
2.Silo 3D Modelling, bersifat komersial dan diproduksi oleh Nevercenter Ltd. Co.
3.Maya, bersifat komersial dan diproduksi oleh Alias Systems Corp
Aplikasi grafik 3 dimensi (3D) adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat, mengedit, dan memanipulasi informasi dalam bentuk gambar 3 dimensi. Berbeda dengan format gambar atau image secara umum adalah dalam bentuk 2 dimensi. Gambar 3 dimensi merupakan representasi gambar dalam geometri 3 dimensi. Beberapa contoh perangkat lunak grafik 3D adalah sebagai berikut:
1.3D Studio Max, bersifat komersial dan diproduksi oleh Autodesk Media & Entertainment.
2.Silo 3D Modelling, bersifat komersial dan diproduksi oleh Nevercenter Ltd. Co.
3.Maya, bersifat komersial dan diproduksi oleh Alias Systems Corp
·
Animasi.
Aplikasi animasi adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat, mengedit, dan memanipulasi informasi dalam bentuk animasi. Animasi adalah gambar bergerak atau video dengan konten gambar yang fiktif, seperti kartun dan gambar tidak riil. Beberapa contoh perangkat lunak animasi adalah sebagai berikut:
1.Macromedia Flash, merupakan perangkat lunak animasi yang banyak digunakan, baik untuk web, presentasi, dll. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Macromedia Inc.
2.Houdini Animation Software, bersifat komersial dan diproduksi oleh Side Effect Software.
3.Power Animator, merupakan generasi pendahulu dari Maya untuk membuat animasi. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Alias Systems Corporation.
Aplikasi animasi adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat, mengedit, dan memanipulasi informasi dalam bentuk animasi. Animasi adalah gambar bergerak atau video dengan konten gambar yang fiktif, seperti kartun dan gambar tidak riil. Beberapa contoh perangkat lunak animasi adalah sebagai berikut:
1.Macromedia Flash, merupakan perangkat lunak animasi yang banyak digunakan, baik untuk web, presentasi, dll. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Macromedia Inc.
2.Houdini Animation Software, bersifat komersial dan diproduksi oleh Side Effect Software.
3.Power Animator, merupakan generasi pendahulu dari Maya untuk membuat animasi. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Alias Systems Corporation.
·
Graphis/Image Viewer.
Image viewer adalah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk melihat (view) image secara terorganisasi pada sebuah direktori. Saat ini sudah banyak sekali format image yang telah didukung oleh aplikasi image viewer, seperti bmp (windows bitmap), jpeg/jpg (image terkompresi), gif (CompuServe), png (portable network graphics), ico (icons image), dll. Biasanya perangkat lunak ini juga menyediakan fasilitas untuk mengedit image dalam fungsi-fungsi yang sederhana. Beberapa jenis perangkat lunak image viewer adalah:
1.ACDSee, bersifat komersial dan diproduksi oleh ACD Systems.
2.XNView, bersifat freeware dan diproduksi oleh Pierre-e Gougelet.
3.Irfan View, bersifat komersial dan diproduksi oleh Irfan Skiljan.
4.Microsoft Picture Manager, bersifat komersial dan diproduksi oleh Microsoft Corp.
5.Microsoft Picture and Fax Viewr, bersifat komersial dan masuk dalam paket Microsoft Windows..
Image viewer adalah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk melihat (view) image secara terorganisasi pada sebuah direktori. Saat ini sudah banyak sekali format image yang telah didukung oleh aplikasi image viewer, seperti bmp (windows bitmap), jpeg/jpg (image terkompresi), gif (CompuServe), png (portable network graphics), ico (icons image), dll. Biasanya perangkat lunak ini juga menyediakan fasilitas untuk mengedit image dalam fungsi-fungsi yang sederhana. Beberapa jenis perangkat lunak image viewer adalah:
1.ACDSee, bersifat komersial dan diproduksi oleh ACD Systems.
2.XNView, bersifat freeware dan diproduksi oleh Pierre-e Gougelet.
3.Irfan View, bersifat komersial dan diproduksi oleh Irfan Skiljan.
4.Microsoft Picture Manager, bersifat komersial dan diproduksi oleh Microsoft Corp.
5.Microsoft Picture and Fax Viewr, bersifat komersial dan masuk dalam paket Microsoft Windows..
·
Media Player.
Media player adalah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk memainkan informasi dalam bentuk audio dan video. Biasanya aplikasi media player saat ini sudah bisa untuk memainkan baik informasi audio maupun video. Beberapa jenis perangkat lunak media player adalah:
1.Windows Media Player, bersifat komersial dan diproduksi oleh Microsoft Corp. Perangkat lunak ini ikut dalam paket Microsoft Windows.
2.Winamp, bersifat freeware/komersial dan diproduksi oleh Nullsoft Inc..
3.WinDVD, bersifat komersial dan diproduksi oleh Intervideo.
4.PowerDVD, bersifat komersial dan diproduksi oleh Cyberlink.
5.Musicmatch Jukebox, bersifat komersial dan diproduksi oleh Musicmatch Inc.
6.DivX Player, bersifat freeware atau komersial, diproduksi oleh DivXNetwork Inc.
7.Real Player, bersifat komersial dan diproduksi oleh Real Networks.
8.XMMS, audio player bersifat open source dan dibawah lisensi GNU General Public License.
9.Xine, DVD player yang bersifat open source dan dibawah lisensi GNU General Public License.
Media player adalah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk memainkan informasi dalam bentuk audio dan video. Biasanya aplikasi media player saat ini sudah bisa untuk memainkan baik informasi audio maupun video. Beberapa jenis perangkat lunak media player adalah:
1.Windows Media Player, bersifat komersial dan diproduksi oleh Microsoft Corp. Perangkat lunak ini ikut dalam paket Microsoft Windows.
2.Winamp, bersifat freeware/komersial dan diproduksi oleh Nullsoft Inc..
3.WinDVD, bersifat komersial dan diproduksi oleh Intervideo.
4.PowerDVD, bersifat komersial dan diproduksi oleh Cyberlink.
5.Musicmatch Jukebox, bersifat komersial dan diproduksi oleh Musicmatch Inc.
6.DivX Player, bersifat freeware atau komersial, diproduksi oleh DivXNetwork Inc.
7.Real Player, bersifat komersial dan diproduksi oleh Real Networks.
8.XMMS, audio player bersifat open source dan dibawah lisensi GNU General Public License.
9.Xine, DVD player yang bersifat open source dan dibawah lisensi GNU General Public License.
2.3 Aplikasi Multimedia Untuk Keunggulan
Bersaing Di Perusahaan
Aplikasi multimedia perusahaan di berbagai bidang antara lain :
Aplikasi multimedia perusahaan di berbagai bidang antara lain :
ü Aplikasi
pada bidang pengembangan sumber daya manusia.
ü Aplikasi
dalam Bidang Produksi
ü Aplikasi
dalam Bidang Pelayanan Keuangan
ü Aplikasi dalam Bidang Sistem Informasi
ü Aplikasi Sistem Informasi Akuntansi (SIA)
ü Aplikasi Multimedia pada SIM (Sistem Informasi
Manajemen),Decision Support System (DSS) dan Executive Information System(EIS)
ü Aplikasi Otomatiasasi Kantor (OK)
ü Aplikasi dalam Bidang Pemasaran
a. Sistem informasi dan pemasaran. Aplikasi pada
bidang pengembangan sumber daya manusia
Dalam bidang sumber daya manusia, multimedia merupakan media pelatihan yang cukup baik dan menarik. Dalam bidang pelatihan ini dikenal dengan istilah computer based training (CBT). Perusahaan installhield membuat perangkat lunak multimedia yang khususkan untuk training. Banyak perusahaan menggunakan multimedia untuk mengurangi biaya training dan memperbaiki produktivitas pegawai.
Dalam bidang sumber daya manusia, multimedia merupakan media pelatihan yang cukup baik dan menarik. Dalam bidang pelatihan ini dikenal dengan istilah computer based training (CBT). Perusahaan installhield membuat perangkat lunak multimedia yang khususkan untuk training. Banyak perusahaan menggunakan multimedia untuk mengurangi biaya training dan memperbaiki produktivitas pegawai.
b. Aplikasi dalam Bidang Produksi
Apliaksi multimedia dalam bidang produksi, khususnya dalam rumah produksi cukup mengagumkan. Namun baru-baru ini perhatian dalam aplikasi bisnis telah mencapai titik yang diperkirakan mewakili lebih dari 30 persen kegiatan multimedia.Dalam waktu yang relatif singkat, multimedia telah membuktikan dirinya sebagai peralatan bisnis.
Apliaksi multimedia dalam bidang produksi, khususnya dalam rumah produksi cukup mengagumkan. Namun baru-baru ini perhatian dalam aplikasi bisnis telah mencapai titik yang diperkirakan mewakili lebih dari 30 persen kegiatan multimedia.Dalam waktu yang relatif singkat, multimedia telah membuktikan dirinya sebagai peralatan bisnis.
c. Aplikasi dalam Bidang Pelayanan Keuangan
Bidang pelayanan keuangan meliputi pelayanan keuangan personal, pajak, perencanaan keuangan, sumber pinjaman, dan perbankan.
Bidang pelayanan keuangan meliputi pelayanan keuangan personal, pajak, perencanaan keuangan, sumber pinjaman, dan perbankan.
d. Aplikasi dalam Bidang Sistem Informasi
Multimedia juga diaplikasikan dalam bidang Sistem Informasi, yaitu aplikasiSistem Informasi Akuntansi (SIA), aplikasi Sistem Informasi Manajemen (SIM), aplikasi Decision Support System (DSS), dan aplikasi Executive Information System (EIS).
Multimedia juga diaplikasikan dalam bidang Sistem Informasi, yaitu aplikasiSistem Informasi Akuntansi (SIA), aplikasi Sistem Informasi Manajemen (SIM), aplikasi Decision Support System (DSS), dan aplikasi Executive Information System (EIS).
e. Aplikasi Sistem Informasi Akuntansi (SIA)
Aplikasi dalam SIA, misalnya laporan akuntansi yang ditampilkan dapat meliputi komentar audio, penjelasan dan saran. Istilah documen dia telah dibuat untuk menjelaskan dokumen yang mengkombinasikan berbagai media.
Aplikasi dalam SIA, misalnya laporan akuntansi yang ditampilkan dapat meliputi komentar audio, penjelasan dan saran. Istilah documen dia telah dibuat untuk menjelaskan dokumen yang mengkombinasikan berbagai media.
f. Aplikasi Multimedia pada SIM (Sistem Informasi
Manajemen),Decision Support System (DSS) dan Executive Information System(EIS)
Aplikasi multimedia pada SIM (Sistem Informasi Manajemen) dan DecisionSupport System (DSS) untuk meningkatkan komunikasi, sangat cocok bagi output darimodel matematika. Grafika tiga dimensi, disebut 3-space, dapat digunakan untuk menampilkan model dalam bentuk grafik.Decision Support System (DSS) yang berfungsi untuk membantu eksekutif mengambil keputusan, membantu para wiraniaga dan membantu analis. Sebelummenggunakan DSS ini, untuk mencari informasi bisa sampai satu hari, sekarang dengan adanya DSS ini cukup dengan beberapa menit saja. Dapat menganalisis data dengan berbagai cara. DSS membantu untuk meningkatkan produktivitas karyawan, yang menjadikan perusahaan dapat bersaing dengan perusahaan yang lebih besar.EIS (Execuitve Information System) berbasis multimedia semakin menarik.Dengan Executive Information System, para eksekutif dapat memanipulasi dan
menyaring data sehingga data tersebut lebih mempunyai arti dan bersifat strategis secaranyata serta dapat menciptakan sinergi dalam pembuatan keputusan.
Aplikasi multimedia pada SIM (Sistem Informasi Manajemen) dan DecisionSupport System (DSS) untuk meningkatkan komunikasi, sangat cocok bagi output darimodel matematika. Grafika tiga dimensi, disebut 3-space, dapat digunakan untuk menampilkan model dalam bentuk grafik.Decision Support System (DSS) yang berfungsi untuk membantu eksekutif mengambil keputusan, membantu para wiraniaga dan membantu analis. Sebelummenggunakan DSS ini, untuk mencari informasi bisa sampai satu hari, sekarang dengan adanya DSS ini cukup dengan beberapa menit saja. Dapat menganalisis data dengan berbagai cara. DSS membantu untuk meningkatkan produktivitas karyawan, yang menjadikan perusahaan dapat bersaing dengan perusahaan yang lebih besar.EIS (Execuitve Information System) berbasis multimedia semakin menarik.Dengan Executive Information System, para eksekutif dapat memanipulasi dan
menyaring data sehingga data tersebut lebih mempunyai arti dan bersifat strategis secaranyata serta dapat menciptakan sinergi dalam pembuatan keputusan.
g. Aplikasi Otomatiasasi Kantor (OK)
Dua aplikasi multimedia yang populer cocok untuk area Otomatisasi Kantor.Yang satu, workgroup computing, memungkinkan beberapa orang untuk memakaikomputer yang sama pula. Aplikasi OK yang lain adalah desktop video conferencingyang memungkinkan para peserta melakukan konferensi video sambil duduk di mejamasing-masing, dengan menggunakan layar komputer mikro atau televisi yangtersambung. Sedangkan Aplikasi multimedia dalam sistem pakar (Expert System) dipakai untuk membantu menentukan konfigurasi yang tepat, memecahkan masalah yang rumit,dan lain-lain.
Dua aplikasi multimedia yang populer cocok untuk area Otomatisasi Kantor.Yang satu, workgroup computing, memungkinkan beberapa orang untuk memakaikomputer yang sama pula. Aplikasi OK yang lain adalah desktop video conferencingyang memungkinkan para peserta melakukan konferensi video sambil duduk di mejamasing-masing, dengan menggunakan layar komputer mikro atau televisi yangtersambung. Sedangkan Aplikasi multimedia dalam sistem pakar (Expert System) dipakai untuk membantu menentukan konfigurasi yang tepat, memecahkan masalah yang rumit,dan lain-lain.
h. Aplikasi dalam Bidang Pemasaran
Penerapan multimedia di perusahaan yang menonjol tertuju pada aktivitas pemasaran, khususnya aktivitas promosi. Aktivitas promosi meliputi periklanan, promosi penjualan, penjualan perorangan, public relation dan penjualan langsung termasuk penjualan lewat Internet. Kelebihan multimedia adalah menarik indera dan menarik minat, karena merupakan gabungan antara pandangan, suara dan gerakan.
Contoh dari aplikasi ini adalah:
–Periklanan televisi
–Interactive Multimedia Merchandising (cara perusahaan untuk menjangkau dan melayani
–pelanggan)
–Merchandising Kiosk
–Video Kiosk
–Virtual Shopping
–Comparison Shopping
–Mass Market Application
Penerapan multimedia di perusahaan yang menonjol tertuju pada aktivitas pemasaran, khususnya aktivitas promosi. Aktivitas promosi meliputi periklanan, promosi penjualan, penjualan perorangan, public relation dan penjualan langsung termasuk penjualan lewat Internet. Kelebihan multimedia adalah menarik indera dan menarik minat, karena merupakan gabungan antara pandangan, suara dan gerakan.
Contoh dari aplikasi ini adalah:
–Periklanan televisi
–Interactive Multimedia Merchandising (cara perusahaan untuk menjangkau dan melayani
–pelanggan)
–Merchandising Kiosk
–Video Kiosk
–Virtual Shopping
–Comparison Shopping
–Mass Market Application
BAB
III
KESIMPULAN
Multimedia
merupakan konsep dan teknologi dari unsur – unsur gambar, suara, animasi serta
video disatukan didalam komputer untuk disimpan, diproses dan disajikan guna
membentuk interaktif yang sangat inovatif antara komputer dengan user.
1.
Multimedia content production: teks, suara, gambar statis,
animasi dan video.
2.
Multimedia communication
Aplikasi Multimedia :
·
Audio/Video editor
·
Graphic/Image editor
·
Grafik 3D
·
Animasi
·
Graphic/Image Viewer
·
Media Player
Aplikasi multimedia untuk keunggulan bersaing di
perusahaan:
ü Aplikasi
pada bidang pengembangan sumber daya manusia.
ü Aplikasi
dalam Bidang Produksi
ü Aplikasi
dalam Bidang Pelayanan Keuangan
ü Aplikasi dalam Bidang Sistem Informasi
ü Aplikasi Sistem Informasi Akuntansi (SIA)
ü Aplikasi Multimedia pada SIM (Sistem Informasi
Manajemen),Decision Support System (DSS) dan Executive Information System(EIS)
ü Aplikasi Otomatiasasi Kantor (OK)
ü Aplikasi dalam Bidang Pemasaran
DAFTAR
PUSTAKA
Pengertian Multimedia Dan Semua
Tentang Multimedia, Anna Fudiana.
Multimedia, Varadiva.
Aplikasi Multimedia, Univesitas
Boardcasting Dan Sinemathograpy SAV Puskat Jogjakarta, Indonesia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar